yazilimweb tasarim
Home / Berita / BPSMP Sangiran Turut Menyemarakkan PERANSAKA ke-VII di Tegal
BPSMP Sangiran Turut Menyemarakkan PERANSAKA ke-VII di Tegal

BPSMP Sangiran Turut Menyemarakkan PERANSAKA ke-VII di Tegal

Perkemahan Antar Saka (Peransaka) adalah kegiatan pramuka penegak dan pramuka pandega yang menjadi anggota Satuan Karya (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan Pramuka. Pada tahun 2018, dilaksanakan Peransaka ke-7 di Tegal yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah. Perkemahan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Martoloyo, Desa Suniarsih, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

Peransaka dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Tegal, Umi Azizah pada Minggu (16/9/2018). Sebanyak 32 Kabupaten/kota di Jawa Tengah yang terwakili dalam 12 satuan karya ikut serta dalam perkemahan besar ini. Banyak kegiatan khas kepramukaan yang dilakukan dalam Peransaka seperti giat umum, giat prestasi, api unggun, out bond, dan bakti masyarakat. Selain kegiatan ini, ada beberapa kegiatan lain yang melibatkan beberapa instansi yang menjadi pangkalan satuan karya, di antaranya PP Paud-Dikmas Jawa Tengah, Balai Konservasi Borobudur, dan BPSMP Sangiran.

  

Partisipasi BPSMP Sangiran dalam Peransaka ini berbentuk pameran atau Expo Satuan Karya dan Bioskop Keliling. Lewat Expo Saka, BPSMP Sangiran mengenalkan Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) sekaligus Situs Sangiran kepada peserta Peransaka. Pada salah satu kegiatan Peransaka, yaitu Global Development Village (GDV), para peserta kemah turut mengunjungi stan pameran BPSMP Sangiran dan mendapatkan paparan dari Kepala Seksi Pemanfaatan, Iwan Setiawan Bimas, S.S, beserta tim pemandu pameran mengenai Saka Widya Budaya Bakti dan pengenalan Situs Sangiran. (MJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*