yazilimweb tasarim
Home / Artikel / Dua Situs yang Bersaudara
Dua Situs yang Bersaudara

Dua Situs yang Bersaudara

Situs Sangiran dan Situs Zhoukoudian adalah dua situs arkeologi yang penting di dunia dan memiliki rekaman sejarah panjang perjalanan manusia yang dapat kita lihat kembali dari dalam lapisan tanahnya. Terpisah jarak ribuan kilometer, hominid pengembara pertama melintasi 2 situs ini dalam waktu yang berbeda dan meninggalkan jejak kehidupan mereka.

Sinanthropus pekinensis adalah Homo erectus yang mengembara dari Afrika dan berhenti di Zhoukoudian, sekitar 42 kilometer sebelah Barat Daya Beijing, pada Kala Plestosen Tengah. Sinanthrous pekinensis yang dikenal juga sebagai Peking Man, dan sekarang disebut Homo erectus pekinensis adalah hominid yang dapat disejajarkan dengan Java Man atau Homo erectus dari Sangiran. Mereka hidup pada 700.000 tahun silam di Zhoukoudian.

Tidak hanya tinggalan Homo erectus, situs ini juga menyimpan sisa-sisa manusia Homo sapiens yang hidup pada sekitar 18.000 – 11.000 sebelum Masehi. Tidaklah mengherankan jika dengan kekayaan arkeologi ini Situs Zhoukoudian dicatat dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987 karena tinggalannya mampu menggambarkan proses evolusi manusia. (ISB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*