yazilimweb tasarim
Home / Berita / Hari Pahlawan: Darma Bakti untuk Negeri
Hari Pahlawan: Darma Bakti untuk Negeri

Hari Pahlawan: Darma Bakti untuk Negeri

Pada setiap tanggal 10 Nopember, bangsa lndonesia mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Pertempuran itu merupakan perang yang banyak dikenang karena peristiwa kepahlawan para pejuang “Arek-arek Suroboyo” yang menolak penjajah untuk menguasai bumi pertiwi kembali. Hal ini mengakibatkan terjadinya perang besar di Surabaya yang kita kenang dan peringati sebagai Hari Pahlawan.
Pada tahun 2018 ini, peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan dengan upacara bendera yang dilaksanakan dengan khidmat. Tema Hari Pahlawan adalah “’Semangat Pahlawan Di Dadaku” yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.


Dalam amanah Menteri Sosial, “Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan”.
Selanjutnya, amanah Menteri Sosial mengungkapkan tentang kebutuhan negeri ini akan pemuda yang menjadi tulang punggung pembangunan bangsa. Untuk itu, “Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri 4.0”.
Peristiwa heroik pada tanggal 10 Nopember 73 tahun yang lalu menjadi titik tolak mengobarkan semangat kepahlawanan untuk membangun bangsa. Seperti yang diharapkan oleh Menteri Sosial dalam akhir amanahnya, “Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita”.
Dengan peringatan Hari Pahlawan, semoga menggugah hati dan jiwa kita untuk bertekad memajukan kehidupan bangsa. Memberi darma bakti kita untuk negeri, seperti yang telah dilakukan para pahlawan yang terdahulu. (Wiwit Hermanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*