yazilimweb tasarim
Home / Berita / Pameran BPSMP Sangiran di House of Sampoerno, Kemitraan di bidang Pemanfaatan
Pameran BPSMP Sangiran di House of Sampoerno, Kemitraan di bidang Pemanfaatan

Pameran BPSMP Sangiran di House of Sampoerno, Kemitraan di bidang Pemanfaatan

Secara rutin, BPSMP Sangiran melaksanakan pameran keliling dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang Sangiran sekaligus memberi edukasi pada masyarakat. Pada kesempatan ini, BPSMP Sangiran bekerjasama dengan House of Sampoerna (HoS) untuk mengedukasi masyarakat dalam pameran yang bertajuk “Evolusi Kita” yang dihelat sejak tanggal 24 Oktober hingga 29 November 2018.

Selama pameran ini, masyarakat memberikan tanggapan positif tentang pameran Evolusi Kita ini. Dari kesan pengunjung, mereka memberi apresiasi positif tentang pameran ini. Pengunjung memberikan kesan pada koleksi yang dipamerkan serta informasi yang disajikan, kesan yang disampaikan seperti, “Menarik, informatif, bagus, excellent, terus lestarikan, mendidik, pengetahuan baru” dan berbagai kesan lain positif lainnya. Hal ini menjadi lecutan semangat sekaligus tantangan ke depan.

Dengan pameran keliling di berbagai kota menjadi salah satu upaya positif dalam mendidik masyarakat untuk mengenal sebuah kebanggaan bangsa ini. Situs Sangiran yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia, perlu diketahui dan dikenal warga masyarakat. Menjadi sebuah sumber informasi yang menjadi salah satu sumber pengetahuan dunia tentang kehidupan masa lalu manusia purba. Dengan mengenal Situs Sangiran diharap masyarakat dapat mencintai yang akhirnya mau berperan aktif melestarikan.

Kerjasama dengan pihak HoS merupakan kemitraan pertama dan membawa semangat baru akan perlunya memberi pendidikan bagi masyarakat. Pengunjung yang mengunjungi HoS tidak saja mendapat informasi yang disajikan pada museum HoS saja tetapi juga mendapat informasi lain. Dukungan dari pihak HoS sebagai tuan rumah sejak awal hingga berakhirnya pameran ini menjadi salah satu kunci keberhasilan pameran.

Sejak awal, koordinasi dijalin dengan baik dengan membahas berbagai hal yang perlu ditindaklanjuti. Di awal, HoS memberikan publikasi yang optimal dengan mempublikasikan pameran ini, melibatkan pihak media untuk menginformasikan pada masyarakat melalui konferensi pers yang bertujuan untuk mengajak media peduli akan pameran ini pada khususnya dan “melek” akan pelestarian Cagar Budaya pada umumnya.

Pers diajak untuk berperan menyebarkan informasi, baik melalui media cetak, elektronik, maupun online. Peran serta berbagai pihak masih dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan Cagar Budaya yang ada dan perlu dilestarikan. Tinggalan masa lalu yang mengisahkan kebesaran negara ini yang patut dibanggakan, mencintai kisah masa lalu dimana menjadi contoh bagi generasi masa kini dalam melangkah ke depan. Terima kasih HoS dan Surabaya dengan segala kerjasama, keramahan, serta bantuannya, menjadi sebuah kenangan yang selalu tertinggal dihati. (Wiwit Hermanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*