yazilimweb tasarim
Hari Senin Museum Tutup
Home / Berita / Perayaan Hari Pendidikan Nasional Jawa Tengah, Resmi Di Buka
Perayaan Hari Pendidikan Nasional Jawa Tengah, Resmi Di Buka

Perayaan Hari Pendidikan Nasional Jawa Tengah, Resmi Di Buka

Hari Pendidikan Nasional adalah momentum penting untuk menumbuhkan kembali semangat Ki Hadjar Dewantara sebagai “Bapak Pendidikan Nasional” untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia. Untuk memperingatinya, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud di wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan Perayaan Hari Pendidikan Nasional dengan mengadakan kegiatan Pameran Pendidikan dan Bazar Buku Murah dengan tema Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 22-26 April 2019 dengan mengambil tempat di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta.
Dalam acara pembukaan, Dr. Supriano, M.Ed. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kemedikbud mengucapkan, ”Terima kasih pada Pemerintah Kota Surakarta yang telah membantu Gebyar Hardiknas yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia”.


Gebyar Hardiknas ini diselenggarakan untuk mengenang jasa-jasa Ki Hadjar Dewantoro yang telah menanamkan rasa kebutuhan akan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Jika dulu di jaman penjajahan, hanya kalangan tertentu saja yang mendapat pendidikan, saat ini setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak. Negara hadir untuk memajukan pendidikan guna menciptakan sumber daya manusia yang handal menuju Indonesia maju.
Pada tahun ini puncak Gebyar Hardiknas diselenggarakan di Papua sebagai bukti bahwa pembangunan mulai di seimbangkan antara Jawa dan luar Jawa. “Diharapkan Gebyar Hardiknas kita bersinergi antara pusat dan daerah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan” lanjut Supriano.
Dengan acara ini mampu menggugah perhatian dari semua pihak dalammemajukan pendidikan. Dengan perhatian dari setiap pihak akan dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang baik bagi para siswa. Dalam kegiatan ini juga ditampilkan berbagai keistimewaan budaya di Jawa Tengah yang dihadirkan oleh beberpa UPT Kebudayaan Kemendikbud yang ada di Jawa Tengah.
“Diharap ada koordinasi kebersamaan agar Indonesia menghasilkan SDM yang meningkat, semoga ini menjadi bahan untuk jadi lebih baik”, pungkasnya.
Dalam kegiatan ini, BPSMP Sangiran turut serta secara aktif dalam kegiatan pameran tersebut dan mendukung acara lainnya seperti sosialisasi edukasi tentang pelestarian cagar budaya dan bioskop keliling. Ayo, kunjungi dan ramaikan acara Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2019. (ISB-WH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*