yazilimweb tasarim
Hari Senin Museum Tutup
Home / Berita / Realisasi Sebuah Janji dari Jambi
Realisasi Sebuah Janji dari Jambi

Realisasi Sebuah Janji dari Jambi

“Masih ingat pada saya (seraya menunjukkan sebuah foto di handphonenya)?

Kita bertemu di Jambi saat Sangiran pameran di sana”

Itulah awal perjumpaan kembali dengan seorang dosen Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Batanghari Jambi pada hari Senin, 28 Januari 2019. Pertemuan kembali di BPSMP Sangiran ini merupakan pertemuan kedua dengan sang dosen setelah pertama kali bertemu di Lippo Plaza Jambi pada saat BPSMP Sangiran menggelar Road ShowSumatera pada akhir tahun 2017 yang lalu.

“Seperti janji kami saat kita berjumpa di Jambi, saya akan ke Sangiran dengan mengajak mahasiswa saya untuk belajar di sana. Senang sekali akhirnya bisa bertemu kembali, dulu saya berjanji akan datang ke Sangiran dan sekarang saya menepati janji itu”, katanya dengan bahagia.

Kunjungan ke Sangiran ini merupakan salah satu outcome dari kegiatan penyebaran informasi berupa pameran yang dilakukan di Sumatera tahun 2017 silam. Pengunjung pameran yang sebagian adalah kalangan akademisi menindaklanjuti pertemuan di pameran dengan melakukan kunjungan ke Sangiran untuk mendapat informasi serta pengetahuan tentang kehidupan manusia purba, dan juga membagikan pengetahuan pada peserta didik mereka.

Dalam kesempatan ini, rombongan diajak menonton film tentang Sangiran, diperkenalkan dengan buku “Katalog Homo erectus” yang dilengkapi dengan teknologi 3 dimensi, dan yang menarik hati adalah dengan diajak belajar sambil bermain dengan permainan kuis. Film tentang Sangiran yang ditontonkan mampu memberi penjelasan singkat tentang Sangiran, sebuah informasi yang disajikan dalam bentuk audio visual yang menarik dan lebih “menancapkan” informasi tentang Sangiran di benak rombongan.

Perkenalan rombongan dengan berbagai temuan Homo erectus dari Sangiran melalui “Katalog Homo erectus” begitu menarik hati rombongan. Rombongan yang merupakan generasi milenial begitu tertarik dengan teknologi yang melekat pada buku ini. “Terlihat jelas, seakan ada di depan kita tengkoraknya”, seru salah satu dari mereka. “Wah bagus ini, bisa kelihatan koleksinya”, tambah beberapa orang rombongan. “Boleh kami minta buku ini?, tambah salah seorang.

“Buku ini, dapat kalian dapatkan. Ini hadiah bagi 5 pemenang permainan kuis yang akan kami gelar, seru Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.

Rombongan yang merupakan mahasiswa dan dosen pendamping Universitas Batanghari Jambi kemudian dengan antusias mengikuti permainan kuis yang digelar. Berbagai ekspresi nampak pada saat permainan kuis digelar, ada yang teriak karena berhasil menjawab dengan benar dan cepat, ada yang kecewa karena gagal menjawab atau bahkan memberi berbagai komentar terhadap pertanyaan yang terlontar.

 

Setelah penjelasan diberikan, salah satu dosen pendamping mengungkapkan, “Terima kasih atas waktu yang diberikan pada kami. Sudah 2 kali kami berkunjung ke mari, yang pertama gagal masuk museum karena bertepatan dengan hari Senin dan sekarang kami datang hari Senin juga tapi diperkenankan untuk diterima dan diberi penjelasan walaupun tidak dapat mengunjungi ruang pamer. Kami merasa bahagia dengan informasi dan hadiah yang diberikan. Terima kasih Sangiran, terima kasih informasinya, kami jauh-jauh datang dan mendapatkan ilmu pengetahuan”.

“Ini merupakan bukti bahwa informasi yang kita berikan melalui pameran di Jambi membuahkan hasil, tidak saja memberi informasi di sana tetapi juga mampu memperkenalkan Sangiran yang akhirnya mengajak mereka berkunjung kemari”, ungkapnya dengan bangga.

Kunjungan rombongan Universitas Batanghari Jambi ke BPSMP Sangiran bukan saja menunaikan sebuah janji tetapi juga merupakan bukti kemanfaatan kegiatan pameran keliling yang telah diadakan di Jambi. Sebuah upaya penyebaran informasi yang mampu mengenalkan masyarakat pada kebesaran Sangiran, ini merupakan realisasi sebuah rencana pasca pameran keliling di Jambi. (Wiwit Hermanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*