yazilimweb tasarim
Hari Senin Museum Tutup
Home / Berita / Saat Buku Katalog Homo erectus Memukau Seorang Dirjen
Saat Buku Katalog Homo erectus Memukau Seorang Dirjen

Saat Buku Katalog Homo erectus Memukau Seorang Dirjen

Setelah Perayaan Hari Pendidikan Nasional Jawa Tengah yang mengambil tempat Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta resmi di buka, Dr. Supriano, M.Ed., Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dan rombongan berkenan berkeliling stan untuk menyaksikan pameran. Salah satu stan yang dikunjungi adalah stan BPSMP Sangiran yang menampilkan koleksi manusia purba beserta kisahnya di masa lalu.
Supriano dan rombongan dijelaskan tentang koleksi yang dipamerkan oleh BPSMP Sangiran di pameran ini. Terdapat replika tengkorak Sangiran 17 beserta budaya yang diciptakan Homo erectus dengan berbagai penjelasan singkatnya. Tak lupa patung Homo erectus yang selalu menjadi pusat perhatian dipameran keliling yang diikuti BPSMP Sangiran. Selain itu berbagai buku tentang Sangiran yang tidak bisa didapatkan di toko buku manapun karena tidak diperjualbelikan. Suvenir menarik bisa didapatkan pengunjung di stan BPSMP Sangiran yang informatif.
Saat berkunjung ke stan BPSMP Sangiran, Supriano dijelaskan tentang kisah hidup Homo erectus tapi hal ini tidak mengurangi rasa ingin tahunya. Setelah dijelaskan bahwa ada buku tentang Sangiran yang informatif serta ditanamkan teknologi, Supriano terlihat tidak sabar ingin melihat.
“Mana buktinya, tunjukkan pada saya”, serunya setelah mendengar ada buku dengan teknologi Augmented reality (AR).


Pada kesempatan ini, Supriano ditunjukkan sebuah buku berjudul “Katalog Homo erectus” yang ditanamkan teknologi Augmented reality (AR). Penjelasan singkat diberikan dan kemudian dikenalkan dengan buku itu dengan teknologinya.
“Wah terlihat langsung di depan mata”, serunya setelah membuktikan.
Lebih lanjut terjadi tanya jawab dan diskusi singkat mengenai buku ini. “Nah bagus ini, bisa menjadi media pembelajaran bagi siswa”, ucapnya dengan berbinar.
Buku berjudul “Katalog Homo erectus” merupakan salah satu buku terbitan BPSMP Sangiran yang menanamkan teknologi informasi di dalamnya. Dengan teknologi itu dapat mempermudah publik khususnya generasi milenial mempelajarinya. Teknologi merupakan bagian dari keseharian generasi milenial dan BPSMP Sangiran “menangkap” peluang itu untuk memberi penjelasan pada generasi milenialmelalui buku.
“Ini siapa yang buat, apakah pihak ketiga atau buat sendiri?” tanya Supriano lebih lanjut.
Dijelaskan bahwa buku berjudul “Katalog Homo erectus” ini merupakan inovasi dari BPSMP Sangiran yang ditulis para penulis muda dan ditanamkan teknologi dengan daya upaya sendiri. Buku ini merupakan bagian pembelajaran bukan hanya untuk publik tapi juga untuk BPSMP Sangiran untuk menyesuaikan diri dengan teknologi terkini. Teknologi guna memberi informasi bagi publik, “Bagus buku ini, tolong teruskan inovasi ini bagi pembelajaran”, pujinya. (Wiwit Hermanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*