yazilimweb tasarim
Hari Senin Museum Tutup
Home / Berita / SMA 1 Kalasan Menjadi Sasaran SMS BPSMP Sangiran
SMA 1 Kalasan Menjadi Sasaran SMS BPSMP Sangiran

SMA 1 Kalasan Menjadi Sasaran SMS BPSMP Sangiran

Program Sangiran Masuk Sekolah (SMS) merupakan program yang dicanangkan tahun 2019 oleh BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan. Program ini merupakan salah satu bagian penyebarluasan informasi yang menyasar siswa didik guna memberikan pemahaman pengetahuan dan wawasan tentang Sangiran. Pada tanggal 30 April 2019, SMAN 1 Kalasan merupakan sasaran pertama program SMS yang memberikan pengetahuan dan wawasan bagi siswa tentang kebesaran Sangiran.
Pada kesempatan ini, BPSMP Sangiran memberikan pengetahuan dan wawasan tentang Sangiran dengan cara memberikan materi di dalam kelas, pameran mini, pemutaran film tentang Sangiran, dan kuis kahoot. Materi yang diberikan di dalam kelas diberikan narasumber pada siswa dengan melihat kemampuan dan pemahaman siswa. Penjelasan diselingi oleh tanya jawab dan diskusi santai sehingga siswa tidak merasa tertekan.
   
Pameran mini yang dihelat di SMA 1 Kalasan ini mengambil tempat di aula sekolah dengan menampilkan beberapa koleksi fauna seperti fosil gigi hiu dan kerang laut yang menggambarkan Sangiran saat menjadi laut. Fosil buaya jenis Gavialis yang menggambarkan Sangiran saat menjadi rawa, saat buaya mencapai kejayaannya. Fosil gigi geraham gajah jenis Stegodon yang menggambarkan saat Sangiran menjadi hutan lebat yang penuh dengan tanaman yang menjadi makanannya.
Selain itu, replika tengkorak Sangiran 4, Sangiran 17, dan Sambungmacan menghiasi pameran mini ini yang menggambarkan kehidupan manusia purba di masa lalu. Berbagai budaya yang dihasilkan manusia purba kala itu sepeti, alat batu, alat tulang, dan serpih turut mewarnai pameran mini ini. Patung manusia purba yang selalu menjadi idola pada pameran keliling yang diikuti BPSMP Sangiran juga turut meramaikan pameran mini di SMA 1 Kalasan ini.

Pemutaran film tentang Sangiran menjadi wahana informasi audio visual yang menarik bagi siswa-siswa SMA 1 Kalasan. Cara yang mudah untuk menyampaikan ilmu dan pengetahuan tentang Sangiran. Film Sangiran untuk Dunia dan Golek Balung Buto menjadi pilihan yang disuguhkan bagi para siswa. Film singkat yang menjelaskan banyak hal tentang Sangiran.
 
Kuis kahoot menjadi akhir acara dari SMS di SMAN 1 Kalasan, setelah mendapat materi yang disampaikan di kelas, siswa diuji pemahamannya melalui kuis ini. Berbagai penjelasan di kelas diujikan melalui kuis, kuis yang bukan saja menguji pemahaman siswa tetapi juga membawa kegembiraan bagi para siswa. Kegembiraan di akhir acara SMS dengan seribu kenangan yang tertinggal dan semoga membawa manfaat bagi para siswa. (Wiwit Hermanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*